Powered By Blogger

Beautiful Sunset at Ratu Boko Temple

Candi Ratu Boko dengan keindahan Sunsetnya

Sebenarnya bagi penikmat sunset atau susnset hunter pasti sudah kenal nama tempat ini.Tempat yang menjadi lebih hits setelah aadc di tayangkan. Ya candi ratu boko yang terletak di perbatasan jogja dan klaten. jika kalian berwisata ke candi prambanan kalian jg bisa sekalian mengunjungi candi ratu boko. yang berada tidak jauh dari prambanan walau tidak satu komplek. Jika dari candi prambanan biasanya disediakan mobil travel untuk membawa kita menuju ratu boko.  bagi traveleza yang ingin langsung mengunjungi ratu boko. tempat ini sangat mudah ditemukan. berjalan dengan menggunakan aplikasi  gpspun amatlah mudah karena dijalan yang kita tempuh banyak juga petunjuk arah. yang akan menjadi pedoman kita untuk menuju candi yang indah ini. ketika sudah akan tiba di daerah candi rotu boko. siapkan gas kendaraan karena kita akan melewati jalan yang menukik alias tanjakan.

Sunset view from ratu boko temple
aku udah pergi ke candi sekitar 4x dengan pengalaman yang berbeda-beda.alhamdulillah semuanya selalu menyenangkan. jika kalian pergi ke candi ini sekitar musim hujan. maka kalian akan disuguhi pemandangan candi dengan rerumputan yang berwarna hijau yang sangat asri, namun jika kalian tiba di candi ini sekitar musim kemarau maka kalian akan melihat rerumputan yang bewarna coklat dan sangat sesuai dengan suasana sunset di sore hari.

im falin in love with this sunset
Bagi para pecinta sunset kalian harus berkunjung kesini. biaya retribusi untuk masuk ke komplek candi ratu boko ini hanya Rp.25000,00 sangat sesuai sih kalau menurut aku. namanya juga untuk manjaga cagar budaya pastilah tidak murah. beberapa kali aku bermain ke komplek candi ini keadaannya sangat terawat dan bersih. walau ada bagian situs cagar yang ditutup karena sedang dalam masa-masa perbaikan.

Jika kalian berangkat untuk melihat sunset usahakan jam 4 sore kalian sudah tiba di komplek candi ini. sebelum menanti sang surya yang akan bersiap-siap tenggelam. kalian bisa mengelilingi komplek candi dan mengungkap keindahan yang ada didalamnya. Areal komplek ratu boko memilik luas 250.000 m2 yang terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, di sebelah tenggara meliputi Pendopo dan Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan pada bagian barat hanya terdiri atas perbukitan. semangat buat kalian yang mau mengelilingi komplek ini.
taman disekitaran komplek candi
komplek candi ini lumayan luas jika kalian ingin mengelilinginya. untuk melihat sejarahnya langsung kalian dapat mengunjungi situs ini sejarah candi ratu boko . pernah denger juga kalau candi ini ada hubungannya dengan cerita nabi sulaiman dan ratu bilqis. menurutku itu sangat menarik tapi wallahua'lam mengenai kebenaran kisah itu. sebenarnya aku juga penasaran untuk mengetahuinya.
dan berikut ini beberapa foto saat aku menelusuri sisi candi pada saat itu.

beberapa tempat merupakan spot foto ya. dan kalian bisa temukan sendiri spot foto yang kalian sukai.  berikut ini merupakan spot foto favorit menurut aku.
gapura  candi roto boko
 welcom Ratu Boko temple Indonesia
namaste. sun salutation
2 pohon kembar di dekat gapura candi
Nah smart reader gimana menurut kalian, daerah ini merupakan cagar budaya yang amat sangat bernilai. jangan jadi penikmat jalan-jalan alay ya. tetap jaga kebersihannya. buanglah sampah pada tempatnya. happy visiting :)

You Might Also Like

6 Comentarios

  1. Kereeennnn....
    September besok nih rencananya aku mau ke Yogyakarta. Mau menelusuri semua spot yang ada di AADC2. Hehehehe... *MacamAnakMudaAja*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi. aku kemarin 4tahun tinggal di jogja lumayan lah pengalaman aku. kalo mau tanya2. atau sharing bisa langsung kok say. slm kenal ya

      Delete
  2. aku belum kesana, keren ih mau kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, main ke jogja jgn lupa dateng ke ratu boko ya. aku saranin buat liat sunset disana.

      Delete
  3. Ini candi favorit kalau ke Jogja. Setiap kesini disambut hujan (kayak AADC2) hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang makin terus diperbaharui tempatnya, jadi makin bagus ya kak. favorit bgt lah pokoknya kesini

      Delete

POPULAR POSTS